Selasa, 20 November 2012

Instalasi dan Konfigurasi Path pada Java


Langkah-langkah instalasi Java yaitu seperti berikut :

a.    Siapkan master installer Java yang akan digunakan, disini kami menggunakan Java dengan versi jdk 1.6.0_22.
b.      Buka Program tersebut sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

c.       Klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi berikutnya sehingga akan muncul tampilan seperti ini.

Disini kita bisa melakukan seleksi fitur-fitur yang akan diinstal atau yang tidak akan diikutkan dalam proses instalasi nantinya atau merubah letak direktori program tersebut. Secara default Java akan menginstalasi semua fitur-fitur bawaannya.untuk merubah letak direktori dapat dilakukan dengan mengklik tombol change.

d.      Klik Next untuk melanjutkan, hingga proses instalasi akan berjalan seperti gambar berikut.


e.       Tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika muncul gambar seperti dibawah menandakan bahwa proses instalasi telah selesai.


f.       Anda bisa melakukan registrasi produk dengan mengklik button yang bertuliskan Product Registration infomation yang akan membawa anda ke halaman Web Java untuk melakukan registrasi atau mengklik Finish untuk mengakhiri Instalasi.

Mengkonfigurasi Path 
Adapun cara mengkonfigurasi path bisa dilakukan secara sederhana dengan cara mengetikkan perintah path diikuti dengan letak direktori bin berada, lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah :

Atau bisa juga dengan mengklik kanan My Computer kemudian Pilih Advanced system settings kemudian Environment Variables.. selanjutnya Ganti Path Value nya menjadi C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_22\bin;

Klik OK kemudian Restart komputer anda.

Demikian lah cara meng-instalasi Program Aplikasi java serta konfigurasi path-nya. mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman semua.... Salam Hangat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung